Apa itu XML dan Kenapa Penting dalam SAP?

69 0

XML kepanjangan dari Extensible Markup Language, menurut Wikipedia Indonesia XML adalah Bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

Setelah mengetahui pengertian XML lalu apa bedanya XML dan HTML?

Perbedaannya dengan HTML

  • XML di desain untuk menyimpan dan mengangkut data sedangkan HTML di desain untuk menampilkan data
  • Nama tag pada xml bisa di buat sendiri sedangkan html sudah baku

Struktur Dokumen

Dokumen XML terdiri dari elemen yang masing-masing memiliki tag pembuka dan penutup. Elemen-elemen tersebut dapat diatur secara hirarki dan tidak seperti HTML. Disarankan untuk mendefinisikan nama tag ini sesuai dengan makna kontennya.

Contoh Dokumen XML

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<artikel>
    <artNo>001</artNo>
    <judul>Apa itu XML dan Kenapa Penting dalam SAP PO</judul>
    <deskripsi>XML kepanjangan dari Extensible Markup...</deskkripsi>
</artikel>

Dimana XML digunakan dalam SAP

SAP Web Application Server

Disingkat sebagai SAP Web AS. Nama yang digunakan untuk Application Server SAP NetWeaver dari Rilis 6.10 hingga Rilis 6.40, digunakan untuk menjalankan aplikasi SAP. SAP Web AS mendukung protokol Internet (HTTP / HTTPS / SMTP, protokol WebSocket, dan TCP) serta XML, sehingga memungkinkan untuk menjalankan layanan Web dan aplikasi Web lainnya. Lingkungan pengembangan terbuka tersedia untuk aplikasi pemrograman. Fungsi SAP Basis sebelumnya untuk semua aplikasi SAP yang ada terintegrasi. SAP Web AS memiliki 2 bagian yaitu Application Server ABAP dan Application Server Java. Kedua varian dapat mengakses lapisan persistensi yang tidak tergantung pada sistem operasi dan sistem basis data dan dikaitkan dengan kemampuan untuk memanggil satu sama lain.

SAP Business Connector

SAP Business Connector memungkinkan integrasi berbagai aplikasi dan teknologi dengan sistem SAP melalui standar open dan non-proprietary. SAP BC Ini menggunakan Internet sebagai platform komunikasi dan memungkinkan untuk mengotomatisasi proses bisnis. Dengan demikian, SAP Business Connector mengintegrasikan arsitektur TI yang berbeda dengan sistem SAP.

Semua fungsionalitas SAP yang dapat diakses melalui BAPI dan IDocs dapat dibuat tersedia untuk mitra bisnis melalui Internet sebagai layanan berbasis XML yang aman. Lapisan layanan XML ini membuat fungsionalitas SAP tersedia untuk aplikasi lain baik di dalam organisasi atau mitra lain melalui Internet. Aplikasi lain tidak membutuhkan pemahaman tentang SAP BAPI atau struktur data internal.

SAP Process Integration / Process Orchestration

SAP PI/PO memungkinkan untuk mengintegrasikan proses bisnis antara sistem yang berbeda (SAP dan non-SAP) pada platform yang berbeda. SAP PI/PO didasarkan pada arsitektur terbuka yang mendukung standar Web terbuka. SAP PI/PO memiliki infrastruktur pertukaran pesan, opsi konfigurasi untuk proses bisnis dan kontrol pesan, dan opsi untuk mengubah konten pesan antara sistem pengirim dan penerima. Infrastruktur didasarkan pada standar umum, sehingga sistem eksternal dapat dengan mudah dihubungkan. Struktur pesan ditentukan oleh struktur data interface.

Leave a Reply