Mengenal Codeigniter

86 0

Apa itu Codeigniter?

Codeigniter adalah Application Development Framework untuk membangun aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman PHP. Tujuannya adalah untuk mempercepat pengembang membangun aplikasi web dari pada harus menulis kode dari awal.

Codeigniter menyediakan banyak library dan helper yang berguna didalamnya dan tentu saja mempermudah proses pengembangan, serta antarmuka yang sederhana dan struktur yang logis untuk mengakses library tersebut. Sehingga dengan menggunakan Codeigniter dapat fokus pada proyek pengembangan dengan meminimalkan jumlah koding yang diperlukan untuk sebuah task pengembangan. Ibarat ingin membuat rumah maka kita tidak perlu membuat tanah menjadi batu bata, mengolah kayu menjadi papan dan lain-lain. Kita cukup memilih komponen-komponen tersebut lalu dikombinasikan menjadi rumah yang indah dan nyaman.

Codeigniter sendiri dibangun menggunakan konsep MVC (Model View Controller), konsep ini digunakan untuk membuat aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller).

Berikut sedikit penjelasan tentang MVC

Model menampung semua method yang berhubungan dengan interaksi ke database, jadi untuk operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) semua berada pada Model.

View berisi tag-tag html dan juga output variabel yang dikirimkan oleh Controller.

Controller merupakan jembatan antara Model dan View. Controller berinteraksi dengan Model untuk memperoleh data dari database kemudian mengirimkannya ke View untuk ditampilkan.

Codeigniter sekarang hadir dalam 3 flavor yaitu CodeIgniter 3 (current), CodeIgniter 4 (future) and CodeIgniter 2 (legacy).

Apa kelebihan Codeigniter?

Codeigniter sangat ringan, terstruktur dan mudah untuk dipelajari, dokumentasinya juga sangat lengkap dan dukungan yang luar biasa dari forum codeigniter.

  1. Performa yang cepat
    Codeigniter diklaim memiliki performa yang cukup cepat dibandingkan dengan framework-framework seperti Yii, Cake, Symfony dan Laravel. Oleh karena keunggulan tersebut, para pengembang web lebih memilih Codeigniter dibandingkan dengan framework yang lain.
  2. Konfigurasi yang sederhana
    Pada Codeigniter, pengembang web dapat melakukan konfigurasi file dengan sederhana. Ini merupakan salah satu keunggulan dari Codeigniter, Kita hanya perlu melakukan perubahan pada config jika akan melakukan konfigurasi.
  3. Dukungan Komunitas
    Dari sekain banyak komunitas Codeigniter, pengembang web dapat bertukar pikiran, berbagi informasi dan mendapatkan wawasan baru terkait framework Codeigniter ini.
  4. Dokumentasi yang lengkap
    Mempunyai dokumentasi yang cukup lengkap jiki Kita ingin melakukan instalasi Codeigniter. Dokumentasi tersebut berupa user manual yang dengan mudah Kita bisa pahami.
Munaji

Munaji

Test

Leave a Reply