Evolusi SAP Process Orchestration

38 0

Tiga komponen utama (SAP PI, SAP BPM, dan SAP BRM) yang membentuk perangkat lunak SAP PO berasal dari SAP PI dan SAP Composite Environment. Pada artikel ini akan membahas evolusi sejarah SAP PO, evolusi sejarah ini dipecah menjadi tiga bagian yaitu SAP PI, SAP Composition Environtment dan SAP Process Orchestration.

SAP Process Integration

Pada tahun 2002, SAP Exchange Infrastructure di luncurkan sebagai bagian dari SAP Netweaver Suite. Versi SAP XI 1.0 berkembang menjadi SAP XI 2.0 ditahun 2003 dan SAP XI 3.0 pada tahun 2004. SAP XI dibangun pada arsitektur dual stack yang meliputi SAP Netweaver Application Server ABAP dan SAP Netweaver Application Server Java.

Setelah beberapa perbaikan dan fitur baru, produk tersebut berganti nama dari SAP Exchange infrastructure menjadi SAP Process Integration pada tahun 2005 dengan versi SAP PI 7.0 yang berkembang lagi menjadi SAP PI 7.01, SAP PI 7.1 dan Versi 7.11. Versi SAP PI 7.11 termasuk Java Stack yang menonjol yang disebut Advanced Adapter Engine (AAE), dengan AAE ini kita dapat membangun seluruh interface di java stack. Tidak semua jenis koneksi dan fungsi didukung pada versi ini, untuk beberapa skenario masih perlu menggunakan ABAP Stack.

Pada tahun 2010 SAP PI 7.3 dirilis dengan java stack yang lebih produktif yang disebut Advanced Adapter Engine Extended (AEX). AEX adalah Java-only enterprise service bus (ESB) yang kuat yang dapat mencakup hampir semua fungsi dari dual stack yang lama. kecuali proses sebelumnya diterapkan menggunakan cross-component Business Process Management (ccBPM) dalam dual stack tidak didukung. SAP PI 7.3 kemudian ditingkatkan dengan SAP PI 7.31 pada 2012.

SAP Process Orchestration

SAP Process Orchestration (SAP PO) diperkenalkan pada tahun 2012. SAP PO adalah paket instalasi komprehensif yang mencakup ESB, Business Rules Engine (BRE), dan Business Process Engine (BPE) dalam satu perangkat lunak, yang berjalan hanya pada Java Stack.
SAP PO menyediakan paket kombo dan konsolidasi yang mencakup SAP PI dan SAP Composition Environment dan karenanya merangkum serangkaian fitur gabungan mereka. Dengan SAP PO, organisasi dapat dengan mudah mengirimkan pesan yang dapat diandalkan di berbagai sistem internal dan eksternal menggunakan seperangkat standar dan protokol integrasi yang sudah mapan.

Leave a Reply